Rahasia Pengobatan dengan Puasa

Buku ini memiliki judul asli: Asrarul Ilaj bish Shaum, ditulis oleh Dr. Abdul Majid Ali Dariqah. Diterbitkan di Kairo oleh penerbit; Dar el Zahabiah. Alhamdulillah, Islamic Book Department, sub divisi PT SEA sudah mendapatkan hak cipta dari Dar el Zahabiah untuk menerbitkan dengan bahasa Indonesia.

IBD memberinya judul, “Rahasia Pengobatan dengan Puasa” berjumlah 120 hal; memiliki dimensi 13,5 x 20,5 cm, dengan nomor ISBN: 978-979-055-162-6.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Ber­­­jalan­lah kalian maka kalian akan mendapatkan ke­un­tung­an, berpuasalah kalian maka kalian akan menjadi sehat, dan berjihadlah kalian di jalan Allah maka kalian akan mendapatkan ganimah.” (HR Ahmad)

Dari sabda Rasulullah Saw. di atas, walaupun sederhana namun ada nilai-nilai kesehatan yang bisa dibuktikan melalui wacana-wacana yang terdapat pada isi buku ini. Dalam buku ini diungkapkan tentang Islam dan ilmu kesehatan yang bisa diketahui oleh setiap individu. Buku ini membeberkan fakta ilmiah atas apa yang disabdakan Rasulullah tentang kesehatan saat berpuasa.

Pada abad XV, Miladiyah Abu Quroth mulai menyusun dan membukukan tata cara puasa dalam kaitannya dengan keperluan pengobatan. Berikut firman Allah Swt.

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebe­lum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) bebe­rapa hari tertentu. Barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Namun, barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Qur‘an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilang­an­nya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur.” (QS Al Baqarah, 2: 183 − 185)

Ketika kita berpuasa, akan banyak anggota tubuh yang beristirahat, semua kelenjar sekresi (pemompa) akan beristirahat sejenak, seperti ginjal, sistem dan saluran urin, dan rongga perut akan akan berhenti sejenak untuk membesar, rongga pencernaan akan membersihkan gas asam lambung yang terdapat di dalamnya.

Puasa akan menjadikan tubuh manusia terbebas dari penimbunan zat-zat beracun dan berbahaya bagi tubuh manusia seperti, asam urine (uric acid), sodium borate, fosfat amonia.

Oleh sebab itu, ada seorang dokter yang menyatakan bahwa satu hari puasa akan dapat membersihkan tubuh manusia dari racun dan kelebihan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang tertimbun dalam sepuluh hari.

Puasa akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh sebagaimana telah difirmankan oleh Allah Swt. dan kemudian dibuktikan secara ilmiah oleh ilmu pengetahuan modern saat ini.

Redaksi di atas hanyalah cuplikan dari isi buku ini. Masih banyak fakta kesehatan yang diungkapkan oleh penulisnya secara lengkap dan jelas.

Mudah-mudahan dengan hadirnya buku “Rahasia Pengobatan dengan Puasa” menambah wawasan pembaca tentang sehatnya orang yang melakukan ibadah puasa. Amin …[hubungi bila berminat]

1 comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: